Sabtu, 22 Maret 2014

Move on, Pilihan dan Waktu

"Terus gue harus gimana?" kata temen cewek gue yang lagi curhat tentang mantannya. 
"Yaudah lo move on dong." kata gue.
"Tapi gue masih sayang."
"Ya kalo masih sayang sedih-sedih bentar gpp kok, namanya juga baru putus." 
"Tapi gue gamau sedih-sedih." 
"Yaudah move on dong." 
"Tapi gue masih sayang banget keleussss." dia ngelanjutin curhatnya dan gue hanya bisa mendengarkan dengan sabar. 

Untuk sebagian orang, kata "move on." tuh udah melekat banget di kehidupan sehari-hari, tiap curhat ke temennya pasti langsung dikasih saran: "makanya move on dong!" mereka gatau aja susahnya move on dari orang yang masih kita sayang banget itu kaya apa. 

Kenapa sih orang ga bisa move on? ada beberapa alasan:



Masih sayang

Alasan yang selalu dipakai buat jawab kenapa dia ga bisa move on, apalagi buat yang baru putus dan si pacarnya yang mutusin wah pasti sayangnya masih kerasa banget-banget. 

Masih berharap

"Beberapa orang ga akan pernah bisa move on, karna dalam hatinya dia masih berharap bisa bersama orang yang dia sayang." - @CintaFrontal.

Dia masih terus akan berharap, mengkhayal dan bermimpi kalo dia masih bisa sama orang itu, meski ga akan mungkin. 

Keadaan

Bayangin deh sekelas sama mantan yang masih kita sayang banget, pasti sangat awkward banget. Udah tiap hari ketemu, sekelas, apalagi kalo duduknya ga jauh dan dalam suatu keadaan harus sekelompok buat tugas. Keadaan kaya gini nih yang buat susah move on. 

Emang gamau

Dia udah nyakitin, dia udah ninggalin, dia sekarang udah punya pacar lagi. Kurang alasan apalagi coba buat move on? tapi lo gamau dan mutusin buat nungguin dia.

Malas cari yang lain

Ada juga loh alasannya kaya gini, jadi dia ngerasa "gue ga cantik/ganteng/menarik, pasti ga bisa punya pacar lagi." terus udah aja dia jadi males cari yang lain, udah keburu "pundung" padahal belum pernah coba buat move on.  

Ngerasa dia yang terbaik

Hampir sama kaya alasan malas cari yang lain, tapi yang ini lebih mendingan dikit lah. Dia udah ngerasa cocok banget sama mantan atau gebetannya. Matanya udah ga bisa ngeliat orang yang lebih daripada si cowok/cewek yang dia sayang itu. Orang ini lupa, kalo emang cocok kok bisa putus/ga jadian? 

Labil

Biasanya sih berlaku buat anak SMP gitu, yang baru kenal pacaran dan suka-sukaan. Ga jarang juga anak SMA atau Kuliah masih labil, dan tweet-tweet merekalah yang biasanya buat mereka banyak di unfollow sama followers yang udah ga tahan timelinenya di spam sama tweet labil orang itu. 

"Move on itu masalah waktu."

Gue percaya kita bisa move on karna waktu, lama atau sebentarnya tiap orang pasti beda-beda. Ada yang bisa move on dalam sebulan, seminggu, beberapa hari atau malah ada yang sampai bertahun-tahun. Dalam waktu itu kalo emang lo mau galauin dia silahkan puas-puasin, gausah ditahan. Kalo lo mau kepoin dia, silahkan jangan ditahan. Terus kaya gitu biar sakit hatinya sampai maksimal, sampai lo akhirnya bosen dan mikir "ngapain gue kaya gini terus?"

Gue malah kadang heran sama orang yang bisa move on dalam waktu sebentar, itu antara dia jagoan atau emang cuman pelarian atau malah dia ga sayang-sayang amat sama orang di masa lalunya, idk.

"Move on itu pilihan."

Kalo waktu ga cukup buat lo bisa move on, ambil keputusan. Hidup itu pilihan, meski lo masih sayang, lo masih berharap bisa kaya dulu lagi sama dia tapi kalo emang lo sadar itu ga mungkin dan mau ambil keputusan "gue mau move on." ya lo bahkan move on, tapi kalo sebenarnya lo ga punya alasan buat ga move on, tapi lo mutusin buat "gue gamau move on." yaudah lo ga akan move on, semuanya itu pilihan. 


Kenapa harus move on? ada dua alasan: 

Hidup itu berjalan maju, bukan mundur

Lo harus sadar, hidup lo terus berjalan. Meski hati lo stuck, waktunya terus berjalan maju. Lo ga bisa balikin semuanya mundur, jadi jangan sia-siain waktu lo. 

The Right one

Bertemu dengan orang yang tepat itu butuh waktu, kalo lo terus-terusan stuck sama orang di masa lalu lo, kapan lo bisa ketemu sama orang yang tepat? 

Gue pernah suka sama seorang cewek, pas proses pdkt iseng-iseng gue baca tweet-tweet dia dan ternyata ya gitu semua isinya tentang mantannya, ternyata dia masih sayang banget sama mantannya. Ya gue mundur, mulai menghilang dari hidup dia. 

Nah sekarang posisiin lo jadi cewek itu, saat ada orang yang bakal sayang sama lo lebih dari mantan lo, dia berpikir ulang buat ngebahagiain lo karna tau lo masih nge-stuck sama mantan lo dan takut cuman dijadiin pelarian. Rugi sendiri kan?


"Life is like a book, you can't start the next chapter of your life if you keep re-reading the last one." 

1 komentar:

  1. blognya makin lama makin bagus,
    thank you udah nulis dan menginsiprasi gue.
    ditunggu post berikutnya :)

    BalasHapus